Mengapa Perkembangan Emosional Wanita Lebih Cepat Dibandingkan Pria?

wanita dewasa

Mengapa perkembangan emosional wanita lebih cepat dibandingkan pria?– Bukan rahasia umum ketika pria mendapatkan label “seperti anak kecil” di saat memasuki usia yang sudah terbilang dewasa. Sedangkan pada wanita, sebelum memasuki masa dewasa pun, dari segi kematangan emosional sudah berkembang lebih cepat dibandingkan pria.

Satu pertanyaan yang mungkin saja terbesit di pikiran kamu, mengapa wanita cenderung lebih cepat mengalami perkembangan emosional dibandingkan pria? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut, sehingga baik pria dan wanita nggak mempunyai “garis start” yang sama dalam hal perkembangan emosional.

Faktanya, wanita memang cenderung lebih cepat dewasa dibandingkan pria terkait dengan perkembangan emosional. Hal ini berdasarkan pemaparan dari situs popbela yang menyatakan bahwa ada sejumlah faktor yang menjadikan perkembangannya lebih cepat terjadi pada wanita, di antaranya adalah:

  • Perkembangan emosional wanita ternyata sudah dimulai dari usia 10 tahun, lho! Sedangkan untuk pria, perkembangan emosionalnya mulai terbentuk di antara usia 15-20 tahun. Maka nggak heran jika pola pikir pria dan wanita sangatlah berbeda, ya?
  • Penelitian yang dilakukan oleh sebuah instansi pendidikan, yakni Universitas Newcastle yang berlokasi di Britania Raya menyebutkan bahwa pergerakan otak wanita dalam memproses informasi dan mencari solusi jauh lebih cepat berkembang dibandingkan pria.
  • Jika membicarakan struktur dan jaringan pada otak pria dan wanita, sebenarnya keduanya mempunyai porsi yang sama, akan tetapi memang dari kemampuan kognitif wanita menunjukkan waktu yang lebih unggul ketimbang pria.

Sedangkan informasi dari laman Tempo menyatakan bahwa alasan lain mengapa wanita cenderung lebih cepat dewasa karena tekanan sosial yang mengharuskan wanita untuk menjaga sikap. Misalnya dari cara berperilaku hingga berbicara, wanita dituntut untuk terlihat teratur, sehingga hal tersebut yang menjadikan wanita mendorong dirinya untuk bersikap sedemikian rupa, sehingga dapat diterima oleh lingkungan masyarakat.

Informasi tambahan dari klikdokter menyatakan bahwa rasa empati pada seseorang dipengaruhi oleh bagian otak yang disebut insula. Nah, bagian inilah yang memunculkan berbagai macam perasaan yang menjadikan wanita merasakan dan fokus terhadap hal-hal tersebut.

Maka nggak heran jika wanita cenderung lebih emosional, sedangkan pria tetap merasakan sisi emosional tersebut, akan tetapi cepat berganti dan memfokuskan kepada permasalahan yang menjadikan emosi tersebut muncul.

Jadi, nggak heran ya jika wanita cenderung lebih cepat dewasa dari segi emosional? Namun, nggak perlu khawatir! Pada dasarnya, setiap orang mempunyai fasenya masing-masing dalam mencapai kedewasaan. Bisa saja kamu dengan orang lain mulai mengalami perkembangan emosional di usia yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *