Ragam Jenis Cinta yang Wajib Kamu Ketahui (Part II)

jenis cinta

Ragam jenis cinta yang wajib kamu ketahui (Part II)– Sebelumnya sudah dibahas mengenai ragam jenis cinta (part I) yang bisa kamu baca di sini, kali ini kita akan melanjutkannya supaya pemahaman mengenai cinta yang dimiliki oleh setiap pasangan ternyata berbeda-beda.

Penggolongan jenis cinta dari sudut pandang Psikologi ini nggak hanya serta merta berdasarkan opini saja, lho. Dibutuhkan riset dalam jangka panjang untuk membuktikan apakah jenis cinta ini memang digunakan oleh banyak pasangan dan apakah orang-orang saat ini menyadari cinta seperti apa yang dikembangkan dalam hubungan asmara.

Terdiri dari 8 ragam jenis cinta, kita bahas secara ringkas mengenai 4 jenis cinta lainnya pada artikel ini!

1. Ludus

Jenis cinta ludus lebih sering dikaitkan oleh para kawula muda yang baru mengenal rasa cinta terhadap orang lain. Bisa disebut sebagai cinta monyet, ludus memang nggak identik dengan komitmen serius jangka panjang, melainkan hanya sekedar bermain-main dan bebas mengekspresikan rasa cinta dengan mudah, seperti misalnya memberikan rayuan gombal atau sekedar bersikap genit dengan lawan jenis.

2. Eros

Kamu pasti sudah nggak asing dengan istilah cinta eros, bukan? Bentuk rasa sayang dan cinta terhadap pasangan dilengkapi dengan hasrat seksual yang menggebu-gebu. Fisik menjadi salah satu faktor utama seseorang merasakan cinta eros, sehingga orang yang dicintai diposisikan sebagai “sebuah objek” untuk memuaskan hasrat cinta dan seksual secara bersamaan.

3. Agape

Mungkin terkesan seperti mengada-ada, akan tetapi jenis cinta agape lebih mengutamakan sikap altruisme (kepuasan pribadi ketika mampu memperhatikan kebutuhan orang lain dibandingkan diri sendiri tanpa mengharapkan balasan).

Biasanya, bentuk cinta agape lebih mengedepankan hal-hal yang bersifat spiritual, seperti bentuk cinta kepada Tuhan, alam, semesta, dan hal-hal asing yang mungkin saja nggak semua orang menaruh perhatian pada hal tersebut. Romantisasi dalam cinta agape sepertinya nggak akan kamu rasakan, karena pemilik jenis cinta ini bisa merasakan agape tanpa harus ada jalinan hubungan intens dengan orang lain.

4. Platonis

Dikenal juga dengan sebutan cinta philia, jenis platonis lebih mengarah pada bentuk jalinan cinta persahabatan antara satu orang dengan orang lainnya. Tidak melibatkan hawa nafsu atau bentuk cinta romantis, terjalinnya cinta platonis memang murni karena dari segi kepribadian dan pola pikir mempunyai persamaan, akan tetapi tidak diarahkan menjadi hubungan asmara penuh gairah dan cinta yang menggebu-gebu.

Mengenal ragam jenis cinta ternyata memberikan sedikit gambaran bahwa cinta mempunyai bentuk yang lebih kompleks dan memberikan kesan tersendiri untuk setiap orang, ya? Jadi, dari pembahasan kali ini, jenis cinta apa yang kamu miliki?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *