Mengenal Athelia, Hilangnya Puting Pada Payudara Pria dan Wanita

athelia

Mengenal athelia, hilangnya puting pada payudara pria dan wanita– Sebagai golongan mamalia, manusia mempunyai sepasang payudara dan puting. Tentunya kamu sudah paham jika payudara pada wanita berfungsi untuk memproduksi dan menampung asi dan puting untuk memudahkan bayi memperoleh susu.

Namun, untuk pria, fungsi puting pada payudara mereka sebenarnya adalah untuk melindungi organ dalam tubuh, seperti paru-paru dan jantung ketika mengalami benturan hebat, misalnya saja seperti kecelakaan kendaraan supaya nggak terjadi kerusakan fatal dan tetap bisa diobati.

Tapi, kamu pernah mendengar jika seseorang nggak mempunyai puting? Hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka dan orang-orang yang mengalaminya mengidap athelia.

Secara umum, mengapa seseorang bisa mengalami athelia adalah dari faktor keturunan dan mayoritas yang mengidap athelia adalah pria. Hilangnya puting bisa saja di antara salah satu payudara bahkan mungkin keduanya.

Pengidap athelia bisa dikategorikan memiliki sindrom poland, ketika di dalam kandungan, janin mengalami mutasi gen dari salah satu pihak orang tua, sehingga bagian otot di payudaranya kurang mampu berkembang dengan baik. Alhasil, puting pun bisa saja nggak tumbuh layaknya orang-orang normal pada umumnya.

Efek Athelia Pada Pria dan Wanita

Sebenarnya nggak ada permasalahan yang menyebabkan komplikasi hebat ketika seseorang mengalami athelia. Namun, dilansir dari hellosehat, hal-hal yang menyebabkan athelia memberikan dampak pada kesehatan organ dalam tubuh, seperti ginjal dan paru-paru.

Selain itu, efek athelia yang paling dirasakan adalah pada wanita. Ketika nggak mempunyai puting, otomatis wanita akan kesulitan untuk menyalurkan asi pada bayinya. Sebagai solusinya, melakukan rekonstruksi payudara adalah cara terbaik untuk menciptakan puting.

Dilansir dari halodoc, proses rekonstruksi payudara dilakukan dengan cara menciptakan lipatan dan memanfaatkan beberapa bagian tubuh wanita, seperti punggung, bokong, dan perut.

Untuk bentuk puting, wanita bisa menggunakan tato berjenis tiga dimensi (3D) dan menggunakan jarum dengan lapisan pigmen, sehingga hasil puting hampir menyerupai bentuk asli.

Mungkin rasanya aneh ya ketika mengetahui seseorang nggak mempunyai puting di payudaranya? Namun, kenyataannya, athelia memberikan bukti bahwa nggak semua orang mempunyai puting. Jadi, gimana nih menurut kamu? Share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *