Kenalan dengan 5 Alat Kontrasepsi Paling Populer di Indonesia ini, Yuk!

alat kontrasepsi

Kenalan dengan 5 alat kontrasepsi paling populer di Indonesia ini, yuk!– Salah satu potensi terbesar saat seseorang melakukan hubungan seksual adalah terjadinya kehamilan pada wanita. Namun, sayangnya, nggak semua orang menginginkan kehamilan, akan tetapi tetap ingin berhubungan seksual dengan pasangannya.

Sebenarnya, hal tersebut wajar saja terjadi. Setiap orang, khususnya wanita, berhak untuk menentukan apakah dirinya menginginkan kehamilan atau nggak. Namun, perlu digarisbawahi, cara yang dilakukan haruslah tepat tanpa merugikan pihak manapun.

Oleh karena itu, untuk menekan risiko terjadinya kehamilan yang nggak diinginkan, kehadiran alat kontrasepsi menjadi “penyelamat” supaya tetap merasa tenang tanpa khawatir sel telur dibuahi oleh sperma saat melakukan hubungan seksual.

Saat ini, sudah banyak kok alat kontrasepsi yang tersedia di pasaran dan mudah untuk kamu dapatkan. Namun, dari sekian banyak jenis yang ada, terdapat 5 alat kontrasepsi terpopuler di Indonesia, lho! Apa saja, ya? Yuk kita ketahui bersama!

1. PIL KB

Mungkin kamu mempunyai Ibu yang mengandalkan pil KB untuk mencegah kehamilan setelah melahirkan kamu atau adik. Nah, seperti mengkonsumsi obat, pil KB harus diminum secara rutin dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Dilansir dari health detik, jika kamu mengkonsumsi pil KB pada siang hari, maka untuk sesi selanjutnya diminum pada waktu yang sama pula.

Pil KB mempunyai akurasi yang cukup tinggi dalam mencegah kehamilan. Bahan utama dalam pembuatan pil KB adalah gabungan dari dua hormon penting, yakni progesteron dan estrogen. Gabungan hormon ini menjadikan produksi lendir pada serviks jauh lebih kental, sehingga menghambat proses pembuahan antara sperma dan sel telur.

2. IUD

Intra-Uterina Device (IUD) atau yang lebih dikenal dengan alat kontrasepsi spiral seketika menjadi populer karena tingkat akurasi dalam mencegah kehamilannya sangat tinggi, yakni mencapai 98 persen!

Penggunaan alat kontrasepsi spiral biasanya dapat bertahan hingga 5 tahun. Cara pemasangannya pun juga terbilang mudah, yakni memasukan alat yang mempunyai bentuk huruf T ke dalam vagina hingga mencapai rahim. Namun, proses pemasangan harus dilakukan oleh pihak profesional guna posisi dari si spiral ini sempurna.

IUD pun juga terdiri dari dua jenis, yakni hormonal dan tembaga. IUD hormonal melakukan pencegahan langsung pada sperma saat ingin membuahi sel telur karena adanya porgestin, sedangkan IUD tembaga nggak mengandung hormon sama sekali, akan tetapi langsung membunuh sperma yang masuk ke dalam vagina wanita.

3. Spermisida

Alat kontrasepsi ini mempunyai kandungan kimia nonoxynol-9  dan ampuh memperhambat bahkan membunuh sel sperma ketika proses penetrasi dilakukan. Spermisida harus dimasukkan di area leher rahim dan efeknya mulai aktif setelah 15 menit proses pemasangan. Setelah itu, si wanita bisa langsung melakukan proses penetrasi tanpa khawatir terjadinya pembuahan.

4. Vasektomi

Kalau misalnya kamu dan pasangan ingi menggunakan kontrasepsi dalam jangka panjang, memilih vasektomi adalah pilihannya. Uniknya, vasektomi nggak hanya dipasang di wanita saja, bahkan pria pun bisa menggunakan alat kontrasepsi yang satu ini!

Cara kerja dari vasektomi adalah dengan pemotongan saluran bernama vas deferens, yakni saluran berbentuk tabung yang menghantarkan cairan sperma dari testis menuju penis saat ingin dikeluarkan.

5. Tubektomi

Bagi para wanita, jika sudah mempunyai keputusan yang tepat untuk nggak ingin mempunyai keturunan, menerapkan alat kontrasepsi tubektomi adalah pilihannya. Tubektomi merupakan alat kontrasepsi yang mengharuskan wanita melalui proses pemotongan saluran tuba, sehingga menghambat sel sperma berenang menuju sel telur.

Itulah 5 alat kontrasepsi yang paling populer di Indonesia. Untuk para wanita, kamu tertarik menggunakan alat kontrasepsi yang mana, nih? Share pendapat kamu di kolom komentar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *