Suka Bikin Minder! Kenalan Yuk dengan Stretch Mark Pada Tubuh Kamu

stretch mark

Suka bikin minder! Kenalan yuk dengan stretch mark pada tubuh kamu– Mempunyai tubuh ideal sepertinya menjadi idaman bagi kaum pria dan wanita, ya? Postur tubuh yang kuat hingga kondisi kulit mulus nan sehat tentunya akan menunjang penampilan.

Namun, setiap orang tentunya nggak selalu mempunyai kondisi sempurna pada tubuhnya, bukan? Salah satunya adalah ketika salah satu bagian tubuh mempunyai strech mark. Sebenarnya, pria dan wanita mempunyai kemungkinan menghadapi kondisi kulit seperti ini.

Khususnya wanita, banyak sekali yang merasa nggak pede karena guratan-guratan yang disebabkan oleh strech mark menjadikan penampilan tubuh dianggap kurang menarik. Terlebih lagi jika sering menggunakan pakaian yang sedikit terbuka dan menunjukkan beberapa sisi tubuh, adanya strech mark tentunya cukup mengganggu.

Namun, apakah kamu tahu, mengapa seseorang dapat mempunyai stretch mark?

Dilansir dari alodokter, mengapa seseorang mempunyai stretch mark pada tubuhnya disebabkan oleh kurangnya kolagen. Nah, kolagen merupakan protein yang mempengaruhi elastistitas kulit dan ketika tubuh kekurangan zat ini di saat pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan perkembangan kulit dari segi elastisitas.

Akibatnya, kulit tubuh mengalami perenggangan (stretch) dan kondisi dermis (lapisan kulit bagian tengah) akan semakin menipis. Saat hal tersebut terjadi, kulit bagian bawah seketika akan muncul ke permukaan dan menimbulkan guratan-guratan seperti akar. Warnanya pun beragam, mulai dari abu-abu, merah, hingga putih.

Berdasarkan penelitian yang dituturkan dari laman sehatq, presentase seseorang mempunyai stretch mark adalah 70% wanita dan 40% pria, lho!

Biasanya, area stretch mark pada tubuh umumnya di payudara, bokong, paha, perut, hingga lengan bagian atas. Namun, kondisi stretch mark bisa lebih melebar ketika seseorang sedang dalam masa kehamilan dan hal tersebut wajar untuk terjadi.

Pasti banyak di antara kamu yang setuju jika adanya stretch mark pada tubuh tentunya mengganggu penampilan? Meskipun sebenarnya stretch mark merupakan kondisi tubuh alami yang nggak membahayakan, akan tetapi banyak orang yang ingin menghilangkannya dari permukaan kulit.

Ada beberapa cara sederhana nan alami untuk menghilangkan stretch mark, selain menggunakan saleb atau krim khusus, kamu bisa mulai berolahraga untuk mengurangi bobot tubuh, mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung banyak kolagen, seperti protein, vitamin C, dan vitamin E.

Jangan lupa untuk memastikan tubuh untuk terus terhidrasi dengan meminum air putih. Kondisi tubuh yang kekurangan cairan menjadikan kulit kering dan memudahkan stretch mark muncul di permukaan tubuh. Kurangi minuman dengan kandungan kafein seperti kopi karena mampu memicu stretch mark.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *