Ternyata Beneran Ada! Yuk Ketahui 5 Jenis Fobia Seksual

fobia seksual

Ternyata beneran ada! Yuk ketahui 5 jenis fobia seksual– Dalam dunia Psikologi, fobia merupakan kecemasan berlebihan pada seseorang terhadap suatu hal, entah berupa benda, sentuhan, atau momen tertentu yang menimbulkan rasa takut dan tentunya menghambat para penderitanya untuk beraktivitas.

Kali ini, kita akan membahas terkait fobia dalam ranah seksualitas. Ternyata, banyak orang yang mengidap fobia atau rasa takut berlebih dan berkaitan dengan aktivitas seksual mereka. Seharusnya dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama pasangan, justru menimbulkan rasa nggak nyaman.

Dilansir dari klikdokter, ada 5 jenis fobia seksual yang sebenarnya belum banyak orang yang mengetahuinya. Yuk, tambah informasi kita terkait hal yang satu ini!

1. Gymnophobia

Aktivitas seksual memang mendorong pasangan untuk melakukan kontak fisik dengan cara telanjang. Namun, para penderita gymnophobia justru sangat ketakutan ketika dirinya atau melihat orang lain telanjang.

Tentunya fobia yang satu ini sedikit menyulitkan saat akan berhubungan seksual, terlebih lagi para pengidap gymnophobia juga sering merasakan ketakutan saat mengetahui dirinya mandi dengan keadaan telanjang. Duh!

2. Malaxophobia

Seharusnya, aktivitas foreplay menjadi pemanasan antara pasangan supaya sesi bercinta semakin menggairahkan. Mulai dari berciuman, menyentuh area genital hingga memberikan rangsangan seksual, foreplay dapat menjadikan tubuh  lebih siap dan vagina wanita pun sudah mendapatkan pelumas alami melalui cairan yang dikeluarkan saat foreplay.

Namun, para penderita Malaxophobia akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari aktivitas foreplay. Bahkan, tanpa melakukan foreplay-pun (hanya memikirkannya saja), rasa ketakutan pada diri mereka pun dapat seketika muncul.

3. Philematophobia

Sesi berciuman menjadi aktivitas yang nggak terlepaskan saat sesi bercinta dengan pasangan. Melakukan sentuhan dari bibir ke bibir memberikan sensasi kenikmatan yang membuat siapa saja menjadi candu.

Tapi, para penderita fobia philematophobia akan mengalami ketakutan untuk berciuman, bahkan akan muncul rasa panik dan membayangkan berbagai macam hal negatif ketika akan berciuman. Misalnya saja seperti akan terjadinya penularan kuman dan bakteri melalui air liur.

4. Ithyphallophobia

Mengalami ereksi pada penis merupakan hal yang wajar ketika pria mendapatkan rangsangan seksual saat bercinta. Biasanya, bentuk penis akan menegang dan posisinya tegak. Biasanya, wanita yang melihatnya secara langsung akan merasa ketakutan.

Namun, ternyata, para pengidap ithyphallophobia nggak hanya dialami oleh para wanita saja, loh. Para pria pun bisa mengalami hal tersebut, bahkan ketika melihat pria lain yang menggunakan pakaian lengkap dan terlihat adanya tonjolan penis di balik celana.

5. Genophobia

Meskipun ada dorongan untuk merasakan momen intim bersama pasangan, akan tetapi para pengidap genophobia merasa takut ketika dirinya akan berhubungan seksual. Bahkan untuk wanita, membayangkan penis pria melakukan penetrasi pada lubang vagina menjadikan rasa panik yang luar biasa dan sulit untuk dikontrol.

Fobia seksual mungkin saja menjadi hal yang nggak semua orang mengalaminya. Namun, kalau kamu atau kerabat yang mempunyai indikasi mengalami fobia di atas, konsultasikan kepada pihak profesional supaya hal tersebut dapat ditangani dengan tepat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *