Yuk Kenali 4 Fase Sexual Response Cycle Saat Bercinta

sexual response cycle

Yuk kenali 4 fase sexual response cycle saat bercinta– Sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, berhubungan seks menjadi hal yang dilakukan untuk melepaskan hasrat seksual sekaligus membangun intimasi dengan pasangan.

Dilansir dari haibunda, manfaat dari berhubungan seks adalah mampu meningkatkan rasa bahagia karena stress dapat dikurangi hingga memperbaiki kualitas tidur.

Namun, jika menelisik lebih jauh mengenai hubungan seks, ternyata setiap orang mengalami fase-fase tertentu sebelum akhirnya mencapai klimaks, lho. Dikutip dari suara, seorang terapis seks terkemuka menjabarkan bahwa hubungan seks memiliki 4 fase yang disebut dengan siklus respons seksual (sexual response cycle).

Sexual response cycle memberikan perubahan yang signifikan saat pria dan wanita melakukan hubungan seksual, baik dari segi kondisi fisik maupun emosional. Dari setiap fase tersebut, ternyata tubuh kamu bisa memberikan respon yang berbeda, lho. Empat fase tersebut mulai dari plateauexcitement, orgasm, dan resolution.

Berdasarkan penjabaran yang diambil dari akun Instagram @sisilism2.0, berikut ini 4 fase dalam sexual response cycle.

1. Plateau

Menjadi fase pertama dalam sexual response cycle, plateau menjadikan tubuh kamu mengalami pemanasan saat memasuki sesi bercinta. Untuk pria, penis akan mulai mengeluarkan cairan yang bernama pre-cum (preseminal), yakni cairan dengan tampilan seperti air mani.

Sedangkan untuk wanita, tentunya bagian vagina akan mulai basah dan warna dinding vagina menjadi semakin memerah. Biasanya, baik pria dan wanita mulai mengalami pernapasan yang “terengah-engah” karena gairah yang mulai memuncak.

2. Excitement

Selanjutnya adalah excitement. Pada tahap ini, pria dan wanita mulai menunjukkan pengubahan fisik karena sudah terangsang pada tahap plateau, misalnya saja pada bagian puting mulai mengeras, kondisi penis semakin keras, hingga jantung berdegup dengan kencang.

3. Orgasm

Fase orgasm atau yang lebih dikenal dengan sebutan klimaks adalah puncak kenikmatan antara pria dan wanita saat bercinta. Meskipun nggak semua orang benar-benar merasakan klimaks yang maksimal, akan tetapi tubuh memberikan respon seperti kontraksi di bagian dalam vagina dan pria mengeluarkan cairan sperma.

4. Resolution

Fase ini mulai dicapai ketika pria dan wanita sudah selesai berhubungan seksual. Secara perlahan, tubuh akan kembali ke kondisi normal dan biasanya, pasangan akan melakukan afterplay, seperti cuddling dan melakukan pillow talk sebelum akhirnya tertidur lelap.

Itu dia 4 fase sexual response cycle yang terjadi ketika seseorang sedang berhubungan seksual. Jadi, gimana nih menurut kamu mengenai 4 fase ini? Share komentar kamu di bawah, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *